cari disini

Senin, 16 Januari 2012

Jalur Bagpacker, Jambi - Lombok, Serta Ongkos Dan Rute Perjalanannya. MURAH EUY!!


dari jambi menggunakan bus dengan budget murah, dapat menggunakan bus IMI dengan tarif Rp 65.000 dengan tujuan KM.9 Palembang yang ditempuh dalam waktu 6 jam. kemudian dari KM.9 kita melanjutkan perjalanan menuju Stasiun kereta api Kertapati dengan menggunaan angkot, biasanya sih ongkosnya Rp.10.000.

selanjutnya pesanlah tiket kereta api tujuan Palembang-Lampung, biasanya sih kereta api Sriwijaya II atau kereta api Limex, kalo bisnis biasanya Rp 65.000 dan kalo ekonomi Rp 20.000. palembang menuju lampung ditempuh dalam waktu 9 jam. setelah sampe stasiun di tanjung karang lampung, dilanjutkan perjalanan ke pelabuhan Bakauheni yang memakan waktu 2 jam. pake angkot biasa ongkosnya Rp 3.000.

sampe di Pelabuhan, langsung pesen tiket ke Pelabuhan merak, kisaran Rp 15.000, kalo mau ruang AC nambah Rp 5.000. waktu tempuh 2 jam untuk sampe ke pelabuhan Merak.

dari merak kita mekanjutkan perjalanan menggunakan bis tujuan Merak-terminal kalideres, biasa ongkosnya Rp 15.000. kemudian dari terminal kalideres lanjut ke senen pake Busway cuma Rp 3.500.

dari stasiun senen pesen tiket ke surabaya, kalo gak salah Rp 35.000, nah, kalo dari surabaya ada 2 alternatif nih, bisa lewat stasiun banyuwangi pake kereta budgetnya Rp 20.000, tapi berangkatnya agak lama, tapi bisa jalan-jalan dulu di surabaya atau pake bus yg langsung ke terminal ubung bali, ongkosnya udah termasuk biaya fery nyebrang. tinggal pilih aja.

tapi kalo bagpacker pasti suka yg adventure, jadi kita ngebahas via banyuwangi aja.

dari stasiun surabaya kita langsung menuju stasiun banyuwangi. ongkosnya Rp 20.000-an gitu. dari stasiun, langsung aja ke Pelabuhan Ketapang, jangan tergoda ojek di depan stasiun itu untuk ke pelabuhan karena dari stasiun ke pelabuhan ketapang cuma  berjarak lebih kurang 100 meter. terus langsung aja pesen tiket tujuan pelabuhan gilimanuk, kalo gak salah ongkosnya cuma Rp 6.000 dengan waktu pelayaran 1 jam.

sampe di pelabuhan gilimanuk, siapkan KTP, SIM, KTM, atau uang Rp 5.000 Semenjak kejadian bom Bali, setiap orang yang masuk ke Pulau Bali diperiksa identitasnya. Bila tidak mempunyai tanda pengenal, siapkan saja uang Rp 5.000, agar Anda lolos dari pemeriksaan. 

Selepas dari pos pemeriksaan, kita akan mendapati terminal bus. Stand by 24 jam, sehingga kita tidak perlu ketakutan terlantar di pelabuhan pagi buta. Bus-bus colt siap mengantarkan Anda ke pelabuhan di ujung timur Pulau Bali, Pelabuhan Padang Bai. Cukup membayar Rp 37.000, kita boleh tidur untuk melepas lelah selama di mobil. Waktu tempuh Gilimanuk-Padang Bai cukup lama, sekitar 5-6 jam.

sampe di pelabuhan Padang Bai, berhati-hatilah terhadap para pengangkut barang dan para penjual buah-buahan. Para pengangkut barang ini akan asal angkut tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik.
di Pelabuhan Padang Bai terdapat sebuah mushollah dan warung makan muslim yang berdiri bersebelahan. Lebih baik kita sholat dan makan terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Pulau Lombok yang memakan waktu 4-5 jam, tergantung keadaan laut.

Untuk tiket ferry ke Pelabuhan Lembar, Lombok, kita perlu mengeluarkan uang Rp 35.000 dan Anda sekalian bisa bergabung dengan para backpacker asing yang biasanya melanjutkan perjalan ke Lombok setelah puas berlibur di Bali. Karena perjalanan yang lumayan lama, ABK biasanya menyewakan kamar mereka untuk ditempati para penumpang. Namun harga sewa lumayan mahal, 40-60 ribu per kamar yang berkapasitas hingga 5 orang. Bila Anda beruntung, Anda akan mendapatkan kapal ferry yang telah menyediakan kasur di pinggir dek dan tentunya lebih murah. Namun bila Anda tidak ingin mengeluarkan duit sepeser pun di sini, cukup tiduran dimana saja, karena ‘teman’ Anda lebih banyak.

sampailah di Pelabuhan Lembar, pintu masuk Pulau lombok di sebelah barat, secara administratif terletak di Kabupaten Lombok Barat. Untuk mencapai pusat kota Lombok, Kota Mataram, kita bisa menaiki minibus untuk segera berangkat ke Mataram. Biayanya Rp 15.000 dan Anda akan tiba di Terminal Mandalika, Mataram. Dari sini, kita boleh pilih kendaraan yang akan mengantarkan ke penginapan, bemo atau taksi. Untuk bemo, Rp 3.000 sekali jalan dan taksi sekitar Rp 25.000 ke atas. Mau irit atau cepat, tergantung Anda. Namun sebaiknya, untuk kali pertama, saya sarankan untuk menggunakan taksi, karena jalur bemo yang berangkat dari terminal tak mencakup semua jalan di Mataram. Selain itu, dengan taksi, resiko kesasar lebih sedikit.

Rincian Biaya Jambi - Lombok :

bis jambi - palembang : Rp 65.000
angkot ke stasiun kertapati : Rp 10.000
kereta palembang - lampung : Rp 20.000
stasiun tanjung karang - bakauheni : Rp 5.000
ferry penyebrangan ke merak : Rp 15.000
merak - kali deres : Rp 15.000
busway kali deres - senen : Rp 3.500
kereta jakarta - surabaya : Rp 35.000
kereta surabaya - banyuwangi : Rp 20.000
fery penyebrangan ke gilimanuk : Rp 6.000
bis gilimanuk - pelabuhan padang bai : Rp 37.000
fery penyebrangan padang bai - lembar : Rp 35.000
pelabuhan lembar - mataram : Rp 15.000
bemo : 3.000 
makan selama dijalan : Rp 100.000

TOTAL : RP 384.500 digenapkan RP 400.000

"artikel diatas diambil dari berbagai sumber"

Untuk transport, bila ada kenaikan, dipastikan tidak terlalu jauh dari angka yang saya terangkan di atas.

2 komentar:

  1. update biaya backpaker sekarang gimana???
    khususnya dari palembang ke lombok???

    BalasHapus